“PENGERTIAN DAN KOMPONEN UTAMA PEMASARAN DIGITAL (DIGITAL MARKETING)”
Pemasaran digital dalam bahasa inggris adalah digital
marketing, yaitu suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk menggunakan media digital
atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara
cepat. Pemasaran ini melibatkan penggunaan situs web, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari dan saluran serupa lainnya
sehingga dapat digunakan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.
Pemanfaatan teknologi menjadi sangat penting pada
era digital saat ini, teknologi dapat digunakan untuk membangun database, yang
kemudian dapat dimanfaatkan untuk kepentingan para stakeholder melalui big
data. Big data dapat dibangun dan dimanfaatkan untuk peningkatan efisiensi
pemasaran produk.
Menurut para ahli,
pengertian pemasaran digital adalah sebagai berikut.
1.
Josua Tarigan & Ridwan Sanjaya (2009):
Pemasaran digital adalah sebuah kegiatan pemasaran yang termasuk branding.
Pemasaran ini menggunakan berbagai media yang ada. Contohnya seperti website, blog,
adwords, email dan lain sebagainya.
2.
Heidrick & Struggles (2009):
Pemasaran digital adalah sebuah hal yang menggunakan dunia digital dalam
melakukan periklanan. Kegiatan yang dilakukan tersebut memang tidak
menggembar-gemborkan secara langsung. Namun, hal tersebut tetap memiliki efek
yang sangat berpengaruh.
3.
Dave Chaffey (2011): Pemasaran digital adalah
sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan dari pemasaran. Dalam
mencapai tujuannya, pemasaran akan dibantu oleh teknologi digital.
4.
Saputra et al (2020): Pemasaran digital adalah
kombinasi seluruh aktivitas marketing yang dilakukan menggunakan media
elektronik maupun internet. Beberapa kegiatan pemasaran digital di
antaranya: SEO, SEM, Social Media Marketing, email marketing, content
marketing, dan lainnya.
5.
Kleindl & Burrow (2005):
Pemasaran digital adalah sebuah proses perencanaan dan pelaksanaan. Proses
tersebut berasal dari ide, konsep, harga, promosi hingga distribusinya. Jika
disederhanakan, pemasaran digital bisa diartikan sebagai suatu kegiatan
pembangunan dan pemeliharaan hubungan.
Pemasaran
digital mengacu pada berbagai metode dan pendekatan yang digunakan untuk
mempromosikan produk, layanan, atau merek melalui platform digital. Berikut ini
adalah beberapa aspek atau komponen utama dari pemasaran digital:
1. Search
Engine Optimization (SEO)
SEO adalah pengoptimalan
konten situs web agar mendapat peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin
pencari (SERP). SEO mencakup pengoptimalan di halaman dan di luar halaman,
penelitian kata kunci, dan memastikan situs web ramah pengguna. Mengoptimalkan
situs web membantu Anda mendatangkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda
yang membantu menghasilkan lebih banyak prospek.
2. Pemasaran
Konten
Konten adalah inti
dari pemasaran digital. Tanpa konten yang tepat, situs web atau halaman tidak
akan berguna. Pemasaran Konten melibatkan pembuatan dan pendistribusian konten
berharga yang ingin dilihat oleh audiens target Anda. Ini dapat mencakup posting
blog, artikel, videografi, infografis, dan banyak lagi.
3. Pemasaran
Media Sosial: Platform seperti Facebook, Instagram, LinkedIn,
Twitter, dan lainnya adalah tempat untuk mempromosikan produk dan layanan Anda,
melibatkan audiens Anda, dan membangun kesadaran merek. Pemasaran media sosial
adalah cara termudah dan gratis untuk mempromosikan produk dan layanan Anda
serta melibatkan audiens target Anda. Iklan di media sosial juga merupakan
komponen penting dalam hal ini.
4. Pemasaran
Email: Mengirim email yang dipersonalisasi ke daftar
pelanggan untuk memelihara prospek, mempromosikan barang, atau menyediakan
konten yang bermanfaat. Jika dilakukan dengan benar, pemasaran email dapat
sangat disesuaikan dan efektif. Pemasaran Email membantu memberi tahu prospek
Anda tentang produk atau layanan mendatang dan juga dapat diotomatisasi
sehingga Anda tidak perlu mengirim email satu per satu.
5. Iklan
Bayar-Per-Klik (PPC): Menampilkan iklan kepada audiens yang
ditargetkan melalui platform iklan berbayar seperti Google Ads, Bing Ads, dan
iklan media sosial. Pengiklan dikenakan biaya setiap kali pengguna mengklik
iklan mereka. Ini adalah metode untuk mengembangkan audiens Anda di seluruh
dunia dengan mengeluarkan sejumlah uang sesuai dengan penempatan produk Anda
dan berapa hari Anda bersedia beriklan di platform media sosial.
6. Pemasaran
Afiliasi
Kolaborasi dengan
afiliasi atau influencer yang mempromosikan produk atau layanan Anda dengan
imbalan persentase tertentu dari penjualan yang dihasilkan melalui upaya
rujukan mereka. Membayar sejumlah persentase tertentu dari penjualan untuk
mempromosikan produk dan layanan membantu meningkatkan bisnis perusahaan dan
membantu mendatangkan lebih banyak lalu lintas.
Cakupan
pemasaran digital terus berkembang setiap hari, kemajuan teknologi baru terus
menyempurnakan pasar digital. Agar menjadi yang terbaik di bidang ini,
seseorang harus selalu mengikuti tren terbaru serta kemajuan yang akan datang.
Pemasaran Digital memainkan peran penting dalam mengembangkan bisnis dan
melibatkan audiens membantu bisnis menargetkan produk dan layanan yang
dibutuhkan untuk menyediakan bagi audiens yang dituju.
Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_digital
https://www.linkedin.com/pulse/scope-digital-marketing-saswot-shrestha-6kwqf
Komentar
Posting Komentar