Promosi termasuk kegiatan yang sangat menentukan dalam aktivitas pemasaran. Promosi merupakan kegiatan terpenting yang berperan aktif dalam memperkenalkan, memberitahukan dan mengingatkan Kembali manfaat suatu produk agar mendorong konsumen untuk membeli produk yang di promosikan tersebut
Dalam pengertian media adalah alata tau sarana yang di pergunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada masyarakat luas. Adapun Promosi merupakan bagian dari salah satu rangkaian kegiatan pcetakemasara suatu prosuk/jasa. Media Promosi dapat di definisikan sebagai sarana yang di unakan untuk mengomunikasikan suatu produk/jasa/image/perusahan ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat luas
Saluran Media Promosi terdiri dari :
1. Media cetak
Promosi media ini biasanya dilakukan dengan membuat spanduk, banner, iklan di koran, majalah, stiker, pamflet, kaos dan sebagainya.
2. Media elektronik
Media elektronik merupakan salah satu saluran promosi yang paling ampuh untuk melancarkan produk. Biasanya perusahaan menggunakan saluran televisi dan radio untuk mempromosikan produk/jasanya melalui sebuah iklan hanya saja promosi menggunakan media elektronik membutuhkan budget atau biaya yang tidak sedikit
3. Media online
Media Promosi melalui jejaring internet termasuk kemajuan dari promosi melalui media elektronik. Promosi melalymedia ini dilatarbelakangi oleh meningkatkatnya digital di zaman ini.
Berikut beberapa contoh media online promosi:
Media Sosial :
1. Facebook
2. Instagram
3. Twitter
4. LinkedIn
5. TikTok
6. YouTube
Iklan Online :
1. Google Ads (Google AdWords)
2. Facebook Ads
3. Instagram Ads
4. LinkedIn Ads
5. Native Ads
Email Marketing
1. Email newsletter
2. Email promosi
3. Email edukasi
Konten Marketing :
1. Blog
2. Artikel
3. Infografis
4. Video
5. Podcast
5. Media produk
Promosi melalui Media Produk adalah beriklan yang dilakukan melalui sebuah produk/barang seperti kaos, tas topi dan lain-lain. biasanya perusahaan akan memanfaatkan event-event tertentu untuk melancarkan promosi melalui pemberian souvenir berupa tas, kaos seragam ataupun topi.
Guru : Tuti Alawiyah, S.E
Referensi : Kusmana, Dodi. 2019. Produk Kreatif dan Kewirausahaan 2 SMK/MAK Kelas XII . Bogor: Yudi Tira.
Penulis : Zahrotul Fikri
Komentar
Posting Komentar