Promosi termasuk kegiatan yang sangat menentukan dalam aktivitas pemasaran. Promosi merupakan kegiatan terpenting yang berperan aktif dalam memperkenalkan, memberitahukan dan mengingatkan Kembali manfaat suatu produk agar mendorong konsumen untuk membeli produk yang di promosikan tersebut

Dalam pengertian media adalah alata tau sarana yang di pergunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada masyarakat luas. Adapun Promosi merupakan bagian dari salah satu rangkaian kegiatan pcetakemasara suatu prosuk/jasa. Media Promosi dapat di definisikan sebagai sarana yang di unakan untuk mengomunikasikan suatu produk/jasa/image/perusahan ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat luas

Saluran Media Promosi terdiri dari :

1. Media cetak

Promosi media ini biasanya dilakukan dengan membuat spanduk, banner, iklan di koran, majalah, stiker, pamflet, kaos dan sebagainya.

2. Media elektronik

Media elektronik merupakan salah satu saluran promosi yang paling ampuh untuk melancarkan produk. Biasanya perusahaan menggunakan saluran televisi dan radio untuk mempromosikan produk/jasanya melalui sebuah iklan hanya saja promosi menggunakan media elektronik membutuhkan budget atau biaya yang tidak sedikit

3. Media online

Media Promosi melalui jejaring internet termasuk kemajuan dari promosi melalui media elektronik. Promosi melalymedia ini dilatarbelakangi oleh meningkatkatnya digital di zaman ini.

Berikut beberapa contoh media online promosi:

Media Sosial :

1. Facebook

2. Instagram

3. Twitter

4. LinkedIn

5. TikTok

6. YouTube

Iklan Online :

1. Google Ads (Google AdWords)

2. Facebook Ads

3. Instagram Ads

4. LinkedIn Ads

5. Native Ads

Email Marketing

1. Email newsletter

2. Email promosi

3. Email edukasi

Konten Marketing :

1. Blog

2. Artikel

3. Infografis

4. Video

5. Podcast

5. Media produk 

Promosi melalui Media Produk adalah beriklan yang dilakukan melalui sebuah produk/barang seperti kaos, tas topi dan lain-lain. biasanya perusahaan akan memanfaatkan event-event tertentu untuk melancarkan promosi melalui pemberian souvenir berupa tas, kaos seragam ataupun topi.

 



Guru    : Tuti Alawiyah, S.E

Referensi : Kusmana, Dodi. 2019. Produk Kreatif dan Kewirausahaan 2 SMK/MAK Kelas XII . Bogor: Yudi Tira.

Penulis     : Zahrotul Fikri

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“PEMBELAJARAN DI JURUSAN PEMASARAN BISNIS RITEL” SMKS MANBAUL ULUM CIREBON

"MENGENAL BISNIS RETAIL DAN JENIS-JENISNYA DI DALAM PEMASARAN"