"MENGENAL BISNIS RETAIL DAN JENIS-JENISNYA DI DALAM PEMASARAN"
Apa
itu Bisnis Retail?
Bisnis
retail dapat di artikan sebagai sebuah pihak yang menjual berbagai barang
secara langsung kepada konsumen.
Menurut kotler, bisnis retail merupakan
penjualan eceran yang meliputi semua aktivitas penjualan barang atau jasa pada
konsumen akhir untuk di pergunakan secara pribadi, bukan untuk bisnis.
Gilbert
menyatakan, bahwa bisnis retail merupakan semua usaha bisnis yang dilakukan
secara langsung yang arah pemasarannya langsung pada konsumen akhir yang
memiliki dasar organisasi penjualan barang dan jasa sebagai inti dari
distribusi.
Selain
itu, Berman dan evans mengemukakan bahwa bisnis retail merupakan suatu usaha
bisnis yang memasarkan barang dan jasa kepada konsumen akhir dan penggunaan
barang untuk keperluan pribadi serta rumah tangga.
Dari beberapa definisi yang dikemukakan oleh beberapa ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa bisnis retail sebagai rantai terakhir dari proses distribusi yang langsung di tujukan kepada konsumen. Di dalam bisnis retail juga akan menawarkan banyak produk, mulai dari barang, jasa maupun keduanya. Bisnis retail itu sendiri memiliki sasaran utama, yaitu masyarakat yang membutuhkan barang maupun jasa yang dijual untuk kebutuhan pribadi. Kebutuhan pribadi yang di maksud adalah tidak untuk sarana bisnis atau di jual kembali untuk sasaran konsumen lainnya.
Apa saja Jenis-Jenis Bisnis Retail?
Secara
umum, bisnis retail di bagi menjadi dua, yaitu bisnis retail tradisional dan
modern.
a. Bisnis Retail Modern
Bisnis Retail Modern merupakan jenis bisnis Retail yang sistem pengelolaannya dilakukan secara Modern. Misalnya, mesin kasir dalam melakukan pembayaran. Bentuk dari bisnis Retail Modern sering kita temui adalah minimarket.
b.
Bisnis Retail Tradisional
Bisnis Retail Tradisional biasanya menjual berbagai barang kebutuhan pokok untuk Masyarakat. Tempat penjualan pada bisnis Retail Tradisional tidak terlalu luas, serta barang yang di jual juga terlalu banyak. Pengelolaannya masih sederhana, terkadang kita juga masih menemui proses tawar menawar.
Penulis: Zahrotul Fikri (Laboran Jurusan Pemasaran)
Referensi: Dasih, Deseven. 2020. Pengelolaan Bisnis Retail, kompetensi
keahlian bisnis daring dan pemasaran SMK / MAK Kelas XI. Jakarta : Bumi
Aksara.
Komentar
Posting Komentar