“PEMBELAJARAN DI JURUSAN PEMASARAN BISNIS RITEL” SMKS MANBAUL ULUM CIREBON
Berdasarkan
Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 032/H/Kr/2024
Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan
Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka, Pada Fase
E/Kelas 10 SMK, Jurusan Pemasaran akan diajarkan tentang Dasar-Dasar Pemasaran dan
di Fase F/Kelas 11 dan Kelas 12 SMK, Jurusan Pemasaran akan diajarkan tentang
Elemen-elemen atau materi kejuruan bisnis ritel dan mata pelajaran pilihan
bisnis digital.
Pada
Fase E/Kelas 10 SMK, Mata Pelajaran Dasar-dasar Pemasaran adalah mata pelajaran
kejuruan yang terdiri atas berbagai ilmu dasar sebagai penentu dalam
mempelajari mata pelajaran lain pada Program Keahlian/Jurusan Pemasaran. Mata
pelajaran ini membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan,
keterampilan, dan sikap agar memiliki dasar yang kuat untuk mempelajari mata
pelajaran pada Fase F/Kelas 11 dan Kelas 12 SMK. Setelah mempelajari mata
pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran dan materi lanjutan pada Fase F/Kelas 11 dan
Kelas 12 SMK, peserta didik dapat bekerja sebagai: kasir, pramuniaga, sales
executive, merchandiser, digital marketer, public relation, wirausaha, serta
jabatan lain sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dunia kerja.
Mata
Pelajaran Dasar-dasar Pemasaran bertujuan membekali peserta didik dengan hard
skill dan soft skill untuk: 1. memahami proses bisnis bidang pemasaran di
berbagai industri; 2. memahami perkembangan teknologi dan isu-isu terkini
terkait dunia pemasaran; 3. memahami profil pekerjaan/profesi (job-profile) dan
peluang usaha di bidang pemasaran; 4. memahami prosedur kesehatan, keselamatan
dan keamanan dalam bekerja, menangani keadaan darurat, dan mempertahankan
standar penampilan pribadi; 5. memahami ekonomi bisnis dan administrasi umum;
6. memahami perilaku konsumen dalam pembelian barang dan jasa dengan mengenali
sinyal-sinyal calon pelanggan untuk mewujudkan kepuasan pelanggan; dan 7.
memahami pola pelayanan pelanggan berdasarkan prinsip pelayanan prima dan mampu
bekerja di dalam tim (teamwork).
Dasar-dasar Pemasaran berfokus pada kompetensi bersifat dasar yang harus dimiliki oleh tenaga pemasar sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dunia kerja. Mata pelajaran Dasar-dasar Pemasaran menumbuhkembangkan daya nalar kritis, inovatif, kreatif, kerja keras, kemampuan dalam berkomunikasi dan bernegosiasi, serta membangun kolaborasi. Selain itu, mata pelajaran ini memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang proses bisnis, perkembangan teknologi dan isu-isu terkini, job-profile, serta peluang usaha di bidang pemasaran.
Pada
Fase F/Kelas 11 dan Kelas 12 SMK, Jurusan Pemasaran akan diajarkan tentang Mata
Pelajaran Bisnis Ritel dan Mata Pelajaran Pilihan Bisnis Digital.
Mata Pelajaran
Bisnis Ritel bertujuan membekali peserta didik dengan hard skills dan soft
skills untuk: 1. memahami marketing; 2. memahami customer service; 3. memahami
komunikasi bisnis; 4. memahami pengelolaan bisnis ritel; 5. memahami strategi
marketing visual merchandising; 6. memahami pengemasan dan pendistribusian
produk; dan 7. memahami administrasi transaksi.
Mata
pelajaran Bisnis Ritel berkontribusi dalam membentuk peserta didik agar
memiliki keahlian pada bidang ritel, kasir, pramuniaga, tenaga pemasaran,
pengelola toko/supermarket, manajer pembelian, reseller, merchandiser, agen,
dan distributor.
Berbekal keahlian
tersebut, peserta didik dapat bekerja pada pihak lain, dapat berwirausaha
secara mandiri, maupun melanjutkan pendidikan dengan kejuruannya.
Selain bisnis ritel, kami pun
mengajarkan tentang mata pelajaran pilihan yaitu bisnis digital tentang digital
branding. Bisnis digital berfokus pada penguasaan kompetensi yang harus
dimiliki oleh tenaga bisnis digital atau jabatan lain sesuai dengan
perkembangan dan kebutuhan dunia kerja.
Jadi, sudah pahamkah kalian tentang
program keahlian/jurusan pemasaran bisnis ritel?. Dalam pembelajaran
keseharian, untuk menunjang kompetensi peserta didik yang berkompeten, peserta
didik akan banyak dibekali ilmu praktik. Yuk menjadi bagian dari kami, jurusan
pemasaran SMK Manbaul Ulum.
Penulis: Zahrotul Fikri (Laboran Jurusan Pemasaran)
Referensi: Salinan Keputusan Kepala Badan Standar,
Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset,
dan Teknologi Nomor 032/H/Kr/2024 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan
Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada
Kurikulum Merdeka.
Komentar
Posting Komentar