“PEMBELAJARAN DI JURUSAN PEMASARAN BISNIS RITEL” SMKS MANBAUL ULUM CIREBON

 




       Dalam bidang keahlian bisnis dan manajemen, terdapat program keahlian/jurusan pemasaran, saat ini di sekolah kami berfokus pada kompetensi keahlian bisnis ritel. Program Keahlian/Jurusan Pemasaran dalam Kompetensi Keahlian Bisnis Ritel merupakan mata pelajaran kejuruan yang berisikan kompetensi yang digunakan untuk berkarir di industri ritel. Mata pelajaran Bisnis Ritel berkontribusi dalam mengembangkan peserta didik agar memiliki karakter profil pelajar Pancasila secara holistik, yaitu menghasilkan insan Indonesia yang cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual, dan cerdas kinestetik, serta mempunyai karakter kemandirian, kritis, jujur, santun, disiplin, kerja keras, berpikir logis, kreatif, inovatif, dan bertanggung jawab.

Berdasarkan Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 032/H/Kr/2024 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka, Pada Fase E/Kelas 10 SMK, Jurusan Pemasaran akan diajarkan tentang Dasar-Dasar Pemasaran dan di Fase F/Kelas 11 dan Kelas 12 SMK, Jurusan Pemasaran akan diajarkan tentang Elemen-elemen atau materi kejuruan bisnis ritel dan mata pelajaran pilihan bisnis digital.

Pada Fase E/Kelas 10 SMK, Mata Pelajaran Dasar-dasar Pemasaran adalah mata pelajaran kejuruan yang terdiri atas berbagai ilmu dasar sebagai penentu dalam mempelajari mata pelajaran lain pada Program Keahlian/Jurusan Pemasaran. Mata pelajaran ini membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar memiliki dasar yang kuat untuk mempelajari mata pelajaran pada Fase F/Kelas 11 dan Kelas 12 SMK. Setelah mempelajari mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran dan materi lanjutan pada Fase F/Kelas 11 dan Kelas 12 SMK, peserta didik dapat bekerja sebagai: kasir, pramuniaga, sales executive, merchandiser, digital marketer, public relation, wirausaha, serta jabatan lain sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dunia kerja.

Mata Pelajaran Dasar-dasar Pemasaran bertujuan membekali peserta didik dengan hard skill dan soft skill untuk: 1. memahami proses bisnis bidang pemasaran di berbagai industri; 2. memahami perkembangan teknologi dan isu-isu terkini terkait dunia pemasaran; 3. memahami profil pekerjaan/profesi (job-profile) dan peluang usaha di bidang pemasaran; 4. memahami prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja, menangani keadaan darurat, dan mempertahankan standar penampilan pribadi; 5. memahami ekonomi bisnis dan administrasi umum; 6. memahami perilaku konsumen dalam pembelian barang dan jasa dengan mengenali sinyal-sinyal calon pelanggan untuk mewujudkan kepuasan pelanggan; dan 7. memahami pola pelayanan pelanggan berdasarkan prinsip pelayanan prima dan mampu bekerja di dalam tim (teamwork).

Dasar-dasar Pemasaran berfokus pada kompetensi bersifat dasar yang harus dimiliki oleh tenaga pemasar sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dunia kerja. Mata pelajaran Dasar-dasar Pemasaran menumbuhkembangkan daya nalar kritis, inovatif, kreatif, kerja keras, kemampuan dalam berkomunikasi dan bernegosiasi, serta membangun kolaborasi. Selain itu, mata pelajaran ini memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang proses bisnis, perkembangan teknologi dan isu-isu terkini, job-profile, serta peluang usaha di bidang pemasaran.

Pada Fase F/Kelas 11 dan Kelas 12 SMK, Jurusan Pemasaran akan diajarkan tentang Mata Pelajaran Bisnis Ritel dan Mata Pelajaran Pilihan Bisnis Digital.

Mata Pelajaran Bisnis Ritel bertujuan membekali peserta didik dengan hard skills dan soft skills untuk: 1. memahami marketing; 2. memahami customer service; 3. memahami komunikasi bisnis; 4. memahami pengelolaan bisnis ritel; 5. memahami strategi marketing visual merchandising; 6. memahami pengemasan dan pendistribusian produk; dan 7. memahami administrasi transaksi.

Mata pelajaran Bisnis Ritel berkontribusi dalam membentuk peserta didik agar memiliki keahlian pada bidang ritel, kasir, pramuniaga, tenaga pemasaran, pengelola toko/supermarket, manajer pembelian, reseller, merchandiser, agen, dan distributor.

Berbekal keahlian tersebut, peserta didik dapat bekerja pada pihak lain, dapat berwirausaha secara mandiri, maupun melanjutkan pendidikan dengan kejuruannya.

          Selain bisnis ritel, kami pun mengajarkan tentang mata pelajaran pilihan yaitu bisnis digital tentang digital branding. Bisnis digital berfokus pada penguasaan kompetensi yang harus dimiliki oleh tenaga bisnis digital atau jabatan lain sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dunia kerja.

          Jadi, sudah pahamkah kalian tentang program keahlian/jurusan pemasaran bisnis ritel?. Dalam pembelajaran keseharian, untuk menunjang kompetensi peserta didik yang berkompeten, peserta didik akan banyak dibekali ilmu praktik. Yuk menjadi bagian dari kami, jurusan pemasaran SMK Manbaul Ulum.

 

Penulis: Zahrotul Fikri (Laboran Jurusan Pemasaran)

Referensi: Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 032/H/Kr/2024 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS-JENIS DIGITAL MARKETING