Marketing
Apa Itu Marketing? Marketing adalah pondasi paling penting dalam dunia perbisnisan yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa kepada seorang konsumen. Strategi ini memiliki person sentral dalam menarik perhatian konsumen, membangun kesadaran merek, meningkatkan penjualan, dan mencapai keberhasilan dalam dunia bsinis.
A. Pengertian Marketing
Marketing adalah suatu proses strategis yang melibatkan perencanaan, dan pengawasan segala kegiatan yang bertujuan untuuk mempromosikan, menjual dan mendistribusikan produk atau jasa kepada konsumen.
Seorang ahli marketing
ternama, yang kerap disebut juga Bapak
Marketing yaitu Philip Kotler menjelaskan
bahwa marketing adalah proses sosial yang memfasilitasi individu dan kelompok
dalam menciptakan, mengalihkan, dan mengamankan nilai melalui pertukaran produk
dan layanan.
B. Tujuan
Marketing
1.
Meningkatkan
Penjualan
Tujuan utama dari marketing adalah untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa melalui strategi yang efektif dengan peningkatan penjualan maka perusahaan akan memperoleh keuntungan yang lebih besar.
2.
Meningkatkan
Kesadaran Merek (Brand Awareness)
Melalui upaya pemasaran yang efektif, perusahaan dapat meningkatkan kesadaran konsumen terhadap merek mereka. Hal ini sangatlah penting untuk menciptakan top of mind awareness sehingga konsumen bisa memilih produk atau jasa dari perusahaan mereka
3. Meningkatkan Loyalitas Konsumen (Consumer Loyalty)
Pemasaran juga bertujuan untuk membangun hubungan yang kuat dengan konsumen dan menciptakan loyalitas dalam jangka panjang
4.
Memperluas
Potensi Pasar
Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, pemasaran menjadi alat penting untuk menghadapi sebuah persaingan dengan perusahaan lain. Dengan strategi pemasaran yang baik, perusahaan dapat membedakan dirinya dari pesaing dan menarik konsumen untuk memilih produk atau jasa dari perusahaannya.
C. Fungsi
Marketing
1. Pengenalan
dan promosi produk
2. Meningkatan
penjualan
3. Memahami
konsumen
4. Menciptakan
nilai dan kepuasan
5. Membangun
brand awareness dan brand image
6. Membangun
hubungan pelanggan

Komentar
Posting Komentar