Marketing


pict form: https://share.google/images/NIf4GjgSDHj6iV1gn

Apa Itu Marketing? Marketing adalah pondasi paling penting dalam dunia perbisnisan yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa kepada seorang konsumen. Strategi ini memiliki person sentral dalam menarik perhatian konsumen, membangun kesadaran merek, meningkatkan penjualan, dan mencapai keberhasilan dalam dunia bsinis.

A. Pengertian Marketing

Marketing adalah suatu proses strategis yang melibatkan perencanaan, dan pengawasan segala kegiatan yang bertujuan untuuk mempromosikan, menjual dan mendistribusikan produk atau jasa kepada konsumen.

Seorang ahli marketing ternama, yang kerap disebut juga Bapak Marketing yaitu Philip Kotler menjelaskan bahwa marketing adalah proses sosial yang memfasilitasi individu dan kelompok dalam menciptakan, mengalihkan, dan mengamankan nilai melalui pertukaran produk dan layanan.

B. Tujuan Marketing

1.    Meningkatkan Penjualan

Tujuan utama dari marketing adalah untuk meningkatkan penjualan  produk atau jasa melalui strategi yang efektif dengan peningkatan penjualan maka perusahaan akan memperoleh keuntungan yang lebih besar.

2.    Meningkatkan Kesadaran Merek (Brand Awareness)

Melalui upaya pemasaran yang efektif, perusahaan dapat meningkatkan kesadaran konsumen terhadap merek mereka. Hal ini sangatlah penting untuk menciptakan top of mind awareness sehingga konsumen bisa memilih produk atau jasa dari perusahaan mereka

3. Meningkatkan Loyalitas Konsumen (Consumer Loyalty)

Pemasaran juga bertujuan untuk membangun hubungan yang kuat dengan konsumen dan menciptakan loyalitas dalam jangka panjang

4.    Memperluas Potensi Pasar

Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, pemasaran menjadi alat penting untuk menghadapi sebuah persaingan dengan perusahaan lain. Dengan strategi pemasaran yang baik, perusahaan dapat membedakan dirinya dari pesaing dan menarik konsumen untuk memilih produk atau jasa dari perusahaannya.

C. Fungsi Marketing

1.    Pengenalan dan promosi produk

2.    Meningkatan penjualan

3.    Memahami konsumen

4.    Menciptakan nilai dan kepuasan

5.    Membangun brand awareness dan brand image

6.    Membangun hubungan pelanggan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran dan Tantangan Seorang Kasir dalam Dunia Ritel

Kunjungan Guru Pembimbing ke Lokasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) Siswa Jurusan Pemasaran SMK Manbaul Ulum

“PENGERTIAN DAN KOMPONEN UTAMA PEMASARAN DIGITAL (DIGITAL MARKETING)”