Pengertian dan Fungsi Pembuatan Logo dalam Digital Branding
Seiring dengan perkembangan dunia periklanan, peran logo menjadi amat penting terutama dalam pembuatan strategi branding sebuah produk. Fungsi identitas inilah yang merupakan tujuan utama dari sebuah logo. Dengan hanya melihat logo seseorang akan ingat, tertarik, lalu membeli. Dari fungsi ini, logo kemudian menjadi sebuah ukuran citra, baik citra sebuah produk, Perusahaan, Lembaga maupun organisasi.
Logo merupakan ‘tanda’ atau ‘simbol’ dari etintas (Perusahaan/organisasi/Lembaga tertentu) yang ‘mewakili, keseluruhan entitas tersebut dalam bentuk visual, Dimana logo tersebut akan menyampaikan pesan komunikatifnya kepada masyarakat khalayak (target audience) yang dibidiknya.
Logo tidak bertujuan untuk menjual, dia hanya mewakili identitas dari suatu etintas tertentu, namun logo merupakan titik awal pengenalan identitas dalam rangka menawarkan produk/jasa sebuah , Perusahaan, Lembaga maupun organisasi. Jika di ibaratkan dengan seseorang, logo itu adalah wajahnya. Kita bisa mengenali seseorang Ketika melihat wajahnya, baru kemudian teringan dengan sifatnya, perilakunya dan sebagainya.
Logo memiliki beberapa fungsi yakni sebagai berikut :
- Menarik perhatian
Rentang perhatian konsumen sangat singkat. Perusahaan memiliki waktu sekitar dua detik untuk meyakinkan pelanggan bahwa produk mereka layak diperhatikan. Logo dapat dengan cepat menarik perhatian orang dan mengomunikasikan nilai inti perusaan dengan cara menarik.
- Memberi kesan pertama yang kuat
Logo berfungsi penting sebagai pengenalan pertama Perusahaan kepada konsumen. Jika dirancang dengan baik, dapat mengunggah minat konsumen untuk lebih mengenal perusahan.
- Dasar dari identik
Meski logo hanayalah bagian dari merek, ia berfungsisebagai dasar keseluruhan narasi Dimana merek itu dibangun.
- Mudah di ingat.
Logo merupakan titik idntifikasi. Ia adalah simbol yang digunakan konsumen untukmengenali merekmu.
- Memisahkanmu dari kompetensi
kamu harus berani membuat logo yang berbeda dari yang lain. Hal Ini karena Perusahaan memberitahu konsumen mengapa bisnismu unik.
- Menumbuhkan loyalitas.
Kepercayaan dibangun di atas logo yang dirancang dengan baik. Loyalitas konsumen akan dapat mengikuti dengan mudah kemudian.
- Konsumen memang mengharapkannya
logo adalah hal pertama yang akan dicari pelanggan ketika mereka melihat komunikasi apapun dari merekmu. Ia harus ditempatkan pada bagian paling terlihat pada materi semua pemasaranmu.
Referensi: Bashori,fadlul Khoiruddin,, Tabah Setyo Adji, dkk. Digital Branding, bidang keahlian Bisnis dan Manajemen Konsentrasi Keahlian Bisnis Digital Untuk Siswa SMK/MAK. Sukoharjo : Media Karya Putra
Pict From : https://tse2.mm.bing.net/th?id=OIP.EtNwstixulaYaBCl9PzBMwHaEo&pid=Api&P=0&h=180
Komentar
Posting Komentar