Ruang Lingkup Pemasaran
Pemasaran dibutuhkan tiap Perusahaan untuk mempromosikan barang atau jasanya. Pemasaran bisa dilakukan berbagai cara, mulai dari pemasangan iklan hingga pemasaran dari mulut ke mulut. Dulunya pemasaran hanya dipakai dibidang bisnis saja, namun kini sudah banyak bidang yang membutuhkan konsep pemasaran. Contohnya instansi Pendidikan, Organisasi kemasyarakatan, dan lain sebagainya.
Ruang lingkup
pemasaran lebih kearah pembahasan cara kerjanya, produk yang akan di pasarkan
serta siapa yang akan melakukannya. Adapun ruang lingkup pemasaran secara
spesifik diantaranya :
1. Organisasi
Pemasaran
dipakai untuk meningkatkan citra Perusahaan di mata [ublic. Organisasi bertugas
untuk merancang kegiatan Perusahaan agar berjalan dengan baik
2. Pasar
Pasar
bisa diartikan sebagai target utama pemasaran produk atau tempat penjualan
dilakukan.misalnya pangsa pasar produk makan korea lebih di tujukan ke penyuka
korea.
3. Produk
Artinya
produk yang akan dipasarkan dan dijual ke public. Sebelumnya, produk harus
melalui serangkaian tahapan, seperti tahap perencanaan, penentuan target pasar,
produksi dan distribusi.
4. Penentuan harga
Sebelum
produk dipasarkan, Perusahaan haruslah menentukan harga yang sesuai. Biasanya
dalam menentukan harga, Perusahaan akan melakukan riset pasar terlebih dahulu.
Misalnya jika target pasarnya mahasiswa, berarti harganya harus tergolong
murah.
5. Promosi
Promosi
merupakan cara efektif untuk menawarkan dan memasarkan produk Perusahaan supaya
banyak terjual. [promosi bisa dilakukan dengan menggunakan brosur, memasang
iklan dimedia sosial atau lainnya.
Guru :
Abdi Mubarok, SE.
Referensi
: Tim Belajar Pus, Dasar
– Dasar Pemasaran Untuk Siswa SMK Kleas X, Surakarta : Tim Belajar Plus
Penulis :
Zahrotul Fikri
Komentar
Posting Komentar