TUJUAN PEMBUATAN IKLAN DI TELEVISI
Iklan yang tampil di televisi termasuk jenis iklan elektronik, karena iklan tersebut tampil dalam wadah elektronik, yaitu TV. Umumnya iklan yang ada di TV ataupun radio dibuat dengan tujuan sebagai berikut.
Komersial
Iklan di televisi dibuat dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Para pengiklan berharap dapat meningkatkan penjualan melalui kegiatan promosi di media eletronik tersebut.
Meningkatkan Kesadaran
Beriklan melalui TV nasional ataupun swasta juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk atau jasa yang ditawarkan. Contohnya ketika akan mengeluarkan produk baru dan ingin masyarakat mengetahuinya, maka perusahaan dapat membuat iklan yang bersifat informatif.
Soft Selling
Beriklan melalui TV dan radio termasuk dalam komunikasi soft selling, artinya Bahasa yang digunakan cenderung bersifat persuasif (membujuk secara halus) dan membuat audiens penasaran. Lawannya adalah Hard Selling, artinya Bahasa yang digunakan bersifat lugas, langsung (to the point) dan cenderung agresif dengan tujuan agar konsumen terdorong untuk melakukan transaksi.
Menginformasikan dan sebagai ajakan
Iklan di TV sebagai ajakan menyebarluaskan informasi, bahkan beberapa brand atau Lembaga yang memanfaatkan pengiklanan untuk mengajak dan memberitahu masyarakat mengenai informasi penting, seperti contohnya untuk mengucapkan hari-hari keagamaan, himbauan pindah dari TV analog ke TV digital, kampanye politik, dan sebagainya.
Sumber:https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT1ttEbiAWJrZAQLRybo0Ci1EmkrYktWc2WEw&s
Catatan: Materi Mata Pelajaran Pilihan (Digital Marketing) Topik Materi Pemasaran Melalui Iklan Televisi/Television Advertising, Fase F/Kelas 12 Jurusan Pemasaran SMKS Manbaul Ulum Cirebon.
Guru : Ika Aprilianti, S.A.P.
Referensi : Puspitasari, Devi. 2024. Digital Marketing SMK/MAK Fase F. Jakarta: Erlangga.
Penulis : Zahrotul Fikri
Komentar
Posting Komentar