UNSUR-UNSUR IKLAN TELEVIS
Iklan televisi secara sederhana terdiri dari dua unsur atau elemen, diantaranya:
Audio
Audio merupakan unsur atau elemen dalam iklan yang berbentuk suara dari narasi atau pesan iklan. Unsur audio ini berbentuk music dan suara lainnya. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam audio yakni:
Suara
Yakni suara narator yang menyampaikan informasi mengenai produk.
Musik
Yakni iklan di televisi dapat berbentuk seperti backsound atau musik pengiring suara dari narator.
Jingle
Yakni unsur audio berisi kalimat atau lagu yang menarik, terkadang memuat informasi tentang produk yang ada pada iklan.
Sound Effect
Unsur ini digunakan sebagai pendukung dalam iklan yang tampil di televisi.
Visual
Unsur ini adalah unsur berbentuk sebuah gambar yang bergerak dan memiliki arti tertentu.
Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam visual yakni:
Warna
Warna menggambarkan citra dari suatu produk tersebut dan memiliki arti psikologis dalam pemasaran.
Sumber: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/d/d9/Skema_warna.png/22 0px-Skema_warna.png
Alur cerita
Alur cerita iklan yang bermakna atau memiliki arti tertentu akan meninggalkan ingatan pada benak para penonton.
Catatan: Materi Mata Pelajaran Pilihan (Digital Marketing) Topik Materi Pemasaran Melalui Iklan Televisi/Television Advertising, Fase F/Kelas 12 Jurusan Pemasaran SMKS Manbaul Ulum Cirebon.
Guru : Ika Aprilianti, S.A.P.
Referensi : Puspitasari, Devi. 2024. Digital Marketing SMK/MAK Fase F. Jakarta: Erlangga.
Penulis : Zahrotul Fikri
Komentar
Posting Komentar