UNSUR-UNSUR IKLAN TELEVIS

Iklan televisi secara sederhana terdiri dari dua unsur atau elemen, diantaranya:

  1. Audio

Audio merupakan unsur atau elemen dalam iklan yang berbentuk suara dari narasi atau pesan iklan. Unsur audio ini berbentuk music dan suara lainnya. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam audio yakni:

  1. Suara

Yakni suara narator yang menyampaikan informasi mengenai produk.

  1. Musik

Yakni iklan di televisi dapat berbentuk seperti backsound atau musik pengiring suara dari narator.

  1. Jingle

Yakni unsur audio berisi kalimat atau lagu yang menarik, terkadang memuat informasi tentang produk yang ada pada iklan.

  1. Sound Effect

Unsur ini digunakan sebagai pendukung dalam iklan yang tampil di televisi.

  1. Visual

Unsur ini adalah unsur berbentuk sebuah gambar yang bergerak dan memiliki arti tertentu.

Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam visual yakni: 

  1. Warna

Warna menggambarkan citra dari suatu produk tersebut dan memiliki arti psikologis dalam pemasaran.

Sumber: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/d/d9/Skema_warna.png/22 0px-Skema_warna.png 


  1. Alur cerita

Alur cerita iklan yang bermakna atau memiliki arti tertentu akan meninggalkan ingatan pada benak para penonton.



Catatan: Materi Mata Pelajaran Pilihan (Digital Marketing) Topik Materi Pemasaran Melalui Iklan Televisi/Television Advertising, Fase F/Kelas 12 Jurusan Pemasaran SMKS Manbaul Ulum Cirebon.

Guru : Ika Aprilianti, S.A.P.

Referensi : Puspitasari, Devi. 2024. Digital Marketing SMK/MAK Fase F. Jakarta: Erlangga.

Penulis : Zahrotul Fikri


Komentar

Postingan populer dari blog ini

“PEMBELAJARAN DI JURUSAN PEMASARAN BISNIS RITEL” SMKS MANBAUL ULUM CIREBON

"MENGENAL BISNIS RETAIL DAN JENIS-JENISNYA DI DALAM PEMASARAN"