Komunikasi Bisnis



Pict From : https://share.google/images/d3J5ZGflyqBpSgAKJ


A.     Pengertian Komunikasi

komunikasi adalah berasal dari bahasa latin "communicate/Communication" yang berarti membuat sama. Secara sederhana komunikasi adalah hubungan timbal balik antara penyampai pesan (komunikator) dengan penerima pesan (komunikan).

Ada juga pengertian komunikasi menurut Everret and Rogers

Komunikasi adalah proses pengalihan ide dari 1 sumber ke 1 penerima atau lebih dengan tujuan agar mengubah tingkah laku.

komunikasi juga dibagi dalam 2 jenis yaitu:

1. Komunikasi Verbal (langsung)

Komunikasi Verbal adalah komunikasi secara langsung dan terdapat adanya penyampaian pesan (komunikator), penerima pesan (komunikan), alat komunikasi langsung, dan pesan yang disampaikan

2. Komunikasi non verbal (tidak langsung)

Komunikasi non verbal adalah komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung atau dengan menggunakan alat bantu media komunikasi lain seperti tulisan, gambar, suara, kode, simbol, dan media sosial lainnya

B. Pengertian Bisnis

Bisnis adalah segala aktifitas baik infividu maupun kelompok yang menawarkan produk barang atau jasa dengan tujuan mencari keuntungan atau laba

Ada juga pengertian bisnis menurut Peter Duker

Bisnis adalah suatu kegiatan yang bertujuan mencari keuntungan dengan cara meyakinkan atau menciptakan pelanggan

C. Prinsip - Prinsip Komunikasi Bisnis

1. Kejelasan

Kejelasan adalah proses komunikasi bisnis harus jelas dan mudah dimengerti oleh penerima.

2. Ketepatan

Komunikasi bisnis harus diberikan sesegeramungkin setelah menerima pesan. Keterlambatan umpan balik yang tidak perlu dapat menyebabkan pengiriman tanggapan yang tidak sesuai atau lupa untuk merespon umpan balik.

3. Validitas

Komunikasi bisnis harus handal dan valid agar menghasilkan sesuatu yang efektif.

4. Diperlukan

Prinsip komunikasi bisnis salah satunya adalah diperlukan. maksudnya adalah komunikasi yang paling efektif yaitu ketika diminta dari pada suka rela.

5. Kelengkapan.

Komunikan bisnis harus lengkap yaitu komunikasi harus menjawab pertanyaan pengirim atau komunikator (adanya umpan balik).

6. Diskripsi

Komunikasi secara deskripsi harus bersifat gambaran atau suatu pemaparan yang jelas. Sesuai prinsip komunikasi bisnis penerima tidak perlu menterjemahkan lagi. apa yang sudah mereka terima dari komunikator.

7. Relevansi

Komunikasi bisnis harus relevan dengan pesan yang dikirim kepenerima umpan balik yang tidak konsisten atau tidak relevan dapat menghambat efektivitas homunikasi bisnis yang dilakukan.

8. Feedback Penawaran.

Komunikasi bisnis tidak hanya milik si Pengirim pesan saja, namun si penerima pesan juga  pihak yang harus dibeli kesempatan untuk menyampaikan umpan balik pesan yang mereka terima, dengan demikian ada kesamaan persepsi antara pengirim pesan dan penerima pesan.

9. Hindari Kelebihan Informasi

Jika penerima kelebihan informasi, ia tidak akan segera memberikan umpan balik atau akan mengirimkan umpan balik sebagian.

10. Spesifik

Komunikasi bisnis dari pesan apapun harus jelas dan spesifik respon spesifik membantu pengirim memahami reaksi penerima dengan mudah.

D. Unsur – Unsur Dalam Komunikasi

Komunikasi bisnis merupakan hal yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis supaya usaha, yang dijalankan dapat berkembang dengan baik, agar usaha yang dijalankan dapat berkembang dengan sukses perlu adanya komunikasi bisnis, dan agar komunikasi bisnis dapat berjalan dengan baik perlu adanya unsur - unsur komunikası bisnis yang harus dipenuhi.

1. Sumber

Sumber merupakan elemen yang harus ada dalam komunikası bisnis. Sumber komunikasi dapat berupa individu atau perorangan tetap juga berupa kelompok orang.

2. Pesan.

Pesan yang dimaksud dalam komunikasi bisnis dısını adalah berita atau Informası yang disampaikan pengirim kepada penerima Pesan

3. Media

Merupakan sarana atau alat yang digunakan oleh pengirim pesan dalam penyampaian pesan kepada penerima pesan.

4. Penerima

Merupakan pihak yang menerima pesan yang disampaikan oleh sumber pengirim pesan.

5. Efek

Adanya perubahan sebelum dan sesudah menerima pesan yang disarankan oleh pihak penerima disebut efek harapan dari adanya komunikası bisnis ini dapat memengaruhi pihak penerima pesan untuk dapat melakukan isi dan pesan sudah diterima.

6. Umpan balik

Ada yang berpendapat bahwa umpan balik merupakan salah satu bentuk dan pengaruh yang berasal dari pesan yang diterima oleh pihak penerima pesan 

7. Lingkungan

Ligkungan merupakan faktor - faktor yang dapat memengaruhi jalannya komunikasi bisnis.

E. Jenis dan Bentuk Kumunikasi Bisnis

Komunikasi mempunyai peran yang sangat penting dalam segala bidang kegiatan, seperti dibidang sosial, politik, keagamaan. Utamanya komunikasi sangat diperlukan dibidang bisnis.

Di dunia bisnis komunikasi merupakan jembatan untuk mambangun kerja sama dengan baik internal maupun eksternal. Dengan internal seperti jalinan komunikasi yang baik antara atasan dengan bawahan, dengan eksternal seperti membangun kerjasama dengan lembaga keuangan dan suplayer.

Dalam komunikasi bisnis dapat dibagi menjadi beberapa jenis komunikasi:

1. Komunikasi menurut penyampaiannya

a. Komunikasi lisan

adalah komunikasi, langsung dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu

b. Komunikasi tertulis.

yaitu komunikasi, dalam penyampaiannya dilakukan dengan bentuk tulisan, bisa dengan surat, naskah, majalah, spanduk dll.

2. Komunikasi Menurut Perilaku

Komunikasi merupakan ungkapan seseorang secara otomatis sehingga komunikasi jenis ini sangat dipengaruhi oleh perilaku dan karakter seseorang. komunikasi menurut perilaku dapat dibagi menjadi tiga jenis:

a. Komunikasi formal

Merupakan komunikasi yang terjadi diantara anggota organisasi antara atau perusahaan yang tatacara berkomunikasinya mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh organisasi atau perusahaan tersebut.

b. Komunikasi Informal

Yaitu komunikasi yang terjadi dalam suatu organisasi yang tidak ditentukan dalam struktur organisasi

contoh: obrolan antar teman, desus desus. dll.

c. Komunikasi non formal

Yaitu komunikasi diluar komunikasi formal yang terjadi secara spontan contohnya seperti sumbang saran, yang berkaitan dengan tugas dan kewajiban yang jenisnya cenderung dengan kegiatan yang bersifal padat karya.            

F. Tujuan komunikasi Bisnis.

Suatu kegiatan yang baik harus mempunyai tujuan yang ingin dicapai untuk mengukur keberhasilan dan kegiatan tersebut, begitu juga dengan komunikasi bisnis. Dalam komunikası bisnis tujuan yang akan dicapai dapat di sesuaikan dengan visi dan misi perusahaan atau instasi terkait. berikut adalah beberapa tujuan dalam komunikasi bisnis antara lain:

1. Menyampaikan informasi

Yaitu suatu kegiatan yang dilakukan untuk menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan pada pihak lain supaya pihak lain mengetahui usahanya.

2. Melakukan persuasıf

Yaitu suatu kegiatan komunikasi bisnis yang bertujuan untuk memberikan penekanan pada pihak lain agar pihak lain menerima atau mengkonfirmasi penawaran yang kita sampaikan dengan tujuan untuk bisa membeli.

3. Melakukan kolaborasi

Yaitu komunikasi bisnis yang dilakukan dengan tujuan untuk bisa mengajak kerjasama pihak lain yang mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran dan Tantangan Seorang Kasir dalam Dunia Ritel

Kunjungan Guru Pembimbing ke Lokasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) Siswa Jurusan Pemasaran SMK Manbaul Ulum

“PENGERTIAN DAN KOMPONEN UTAMA PEMASARAN DIGITAL (DIGITAL MARKETING)”