Profesi di Bidang Pemasaran

 


pict form: https://share.google/images/a7oBdHR516RaYApW1

Apa saja sihh profesi di bidang pemasaran? Nahh teman – teman sini saya kasih tau ya.. banyak sekali profesinya seorang pemasaran yang menjanjikan karir kalian. Berikut ini adalah profesi beserta tugasnya:

1. Content writer

Menulis juga kini masuk pekerjaan marketing, loh... Salah satunya adalah menjadi content writer.

 Tugasnya adalah:

a.    Menulis konten yang persuasif dan informatif untuk blog, situs web, atau media sosial.

b.    Membuat strategi konten sesuai dengan rencana pemasaran perusahaan.

c.    Mengoptimalkan SEO untuk meningkatkan visibilitas konten.


2. Product owner

Posisi ini memang tidak secara langsung berada di divisi marketing, tapi fungsi kerjanya hampir mirip dengan jenis pekerjaan marketing.

Tugasnya adalah:

a.    Memahami kebutuhan dan tren pasar.

b.    Mengoptimalkan pengembangan produk

c.    Berkoordinasi dengan tim pemasaran untuk strategi pemasaran produk.

 

3. Account executive/manager


Seorang account executive bertanggung jawab untuk menjalin dan memelihara hubungan dengan klien, memastikan kepuasan dan pertumbuhan bisnis.


Tugasnya adalah:

Mengidentifikasi peluang bisnis dan menjalin hubungan dengan klien.

Menyusun proposal penawaran dan presentasi untuk klien.

Mengkoordinasikan dengan tim internal untuk memenuhi kebutuhan klien.


4. Influencer

Faktanya, target konsumen saat ini lebih mudah dan sering mengakses informasi lewat postingan Instagram, tulisan di blog, atau video di kanal YouTube para Influencer.

Tugasnya adalah:

a.    Membangun dan memelihara basis pengikut yang terlibat.

b.    Menciptakan konten yang menarik untuk merek dan produk.

c.    Berkolaborasi dengan merek untuk kampanye endorse atau paid promo.

5. Content creator

Content creator juga salah satu pekerjaan di bidang marketing. Jangan salah, content creator berbeda dengan influencer, lho.

Tugasnya adalah:

a.    Menghasilkan konten tulisan, video, atau foto yang memikat dan relevan.

b.    Menyusun strategi konten yang mendukung tujuan pemasaran perusahaan.

c.    Berkolaborasi dengan tim kreatif untuk mengembangkan ide konten yang inovatif.

6. SEO specialist

SEO specialist juga merupakan salah satu peran di dunia marketing yang cukup diminati satu dekade ke belakang.

 Tugasnya adalah:

a.    Mengoptimalkan konten dan struktur website untuk pencarian organik.

b.    Melakukan riset kata kunci dan analisis kompetitor.

c.    Mengembangkan strategi link building dan teknis SEO.

 

7. Affiliate marketer

Affiliate marketing adalah cara perusahaan memberikan komisi kepada penerbit atau pihak ketiga yang berhasil membawa lalu lintas pengunjung atau meningkatkan penjualan di website mereka.

Tugasnya adalah:

a.    Membangun strategi pemasaran untuk menarik lalu lintas ke website atau platform perusahaan.

b.    Mengelola dan mengoptimalkan kampanye pemasaran afiliasi.

c.    Melakukan analisis kinerja untuk mengukur keberhasilan kampanye afiliasi


8. Sales Marketing

Sales Marketing adalah salah satu profesi yang berada di bidang permasaran, meskipun kelihatan sederhana tetapi profesi ini sangat membutuhkan strategi dan skil komunikasi yang baik

 Tugasnya adalah:

a.    Penelitian pasar

b.    Pengembangan strategi pemasaran

c.    Penjualan dan negoisasi

d.   Membangun hubungan dengan pelanggan

e.    Pelaporan dan analisis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran dan Tantangan Seorang Kasir dalam Dunia Ritel

Kunjungan Guru Pembimbing ke Lokasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) Siswa Jurusan Pemasaran SMK Manbaul Ulum

“PENGERTIAN DAN KOMPONEN UTAMA PEMASARAN DIGITAL (DIGITAL MARKETING)”