Profesi di Bidang Pemasaran
pict form: https://share.google/images/a7oBdHR516RaYApW1
Apa saja sihh profesi di bidang pemasaran? Nahh teman – teman sini saya kasih tau ya.. banyak sekali profesinya seorang pemasaran yang menjanjikan karir kalian. Berikut ini adalah profesi beserta tugasnya:
1. Content writer
Menulis juga kini masuk pekerjaan marketing, loh... Salah satunya adalah menjadi content writer.
a. Menulis
konten yang persuasif dan informatif untuk blog, situs web, atau media sosial.
b. Membuat
strategi konten sesuai dengan rencana pemasaran perusahaan.
c. Mengoptimalkan SEO untuk meningkatkan visibilitas konten.
2. Product owner
Posisi ini memang tidak secara langsung berada di divisi marketing, tapi fungsi kerjanya hampir mirip dengan jenis pekerjaan marketing.
Tugasnya
adalah:
a. Memahami
kebutuhan dan tren pasar.
b. Mengoptimalkan
pengembangan produk
c. Berkoordinasi
dengan tim pemasaran untuk strategi pemasaran produk.
3.
Account executive/manager
Seorang account executive bertanggung jawab untuk menjalin dan memelihara hubungan dengan klien, memastikan kepuasan dan pertumbuhan bisnis.
Tugasnya adalah:
Mengidentifikasi
peluang bisnis dan menjalin hubungan dengan klien.
Menyusun proposal
penawaran dan presentasi untuk klien.
Mengkoordinasikan dengan tim internal untuk memenuhi kebutuhan klien.
4. Influencer
Faktanya, target konsumen saat ini lebih mudah dan sering mengakses informasi lewat postingan Instagram, tulisan di blog, atau video di kanal YouTube para Influencer.
Tugasnya
adalah:
a. Membangun
dan memelihara basis pengikut yang terlibat.
b. Menciptakan
konten yang menarik untuk merek dan produk.
c. Berkolaborasi
dengan merek untuk kampanye endorse atau paid promo.
5. Content creator
Content creator juga salah satu pekerjaan di bidang marketing. Jangan salah, content creator berbeda dengan influencer, lho.
Tugasnya
adalah:
a. Menghasilkan
konten tulisan, video, atau foto yang memikat dan relevan.
b. Menyusun
strategi konten yang mendukung tujuan pemasaran perusahaan.
c. Berkolaborasi dengan tim kreatif untuk mengembangkan ide konten yang inovatif.
6. SEO specialist
SEO
specialist juga merupakan salah satu peran di dunia marketing yang cukup
diminati satu dekade ke belakang.
a. Mengoptimalkan
konten dan struktur website untuk pencarian organik.
b. Melakukan
riset kata kunci dan analisis kompetitor.
c. Mengembangkan
strategi link building dan teknis SEO.
7. Affiliate marketer
Affiliate marketing adalah cara perusahaan memberikan komisi kepada penerbit atau pihak ketiga yang berhasil membawa lalu lintas pengunjung atau meningkatkan penjualan di website mereka.
Tugasnya
adalah:
a. Membangun
strategi pemasaran untuk menarik lalu lintas ke website atau platform
perusahaan.
b. Mengelola
dan mengoptimalkan kampanye pemasaran afiliasi.
c. Melakukan analisis kinerja untuk mengukur keberhasilan kampanye afiliasi
8. Sales Marketing
Sales
Marketing adalah salah satu profesi yang berada di bidang permasaran, meskipun
kelihatan sederhana tetapi profesi ini sangat membutuhkan strategi dan skil
komunikasi yang baik
a. Penelitian
pasar
b. Pengembangan
strategi pemasaran
c. Penjualan
dan negoisasi
d. Membangun
hubungan dengan pelanggan
e. Pelaporan
dan analisis

Komentar
Posting Komentar