Postingan

Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Kelas 11 Jurusan Pemasaran SMK Manbaul Ulum

Gambar
  Pada hari ini Senin, 9 Desember sampai dengan Kamis12 Desember 2024. Jurusan Pemasaran SMK Manbaul Ulum melaksanakan Pembekalan sebelum Pemberangkatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) selama tiga hari berturut-turut. Kegiatan ini di ikuti oleh Siswa-siswi kelas 11 Jurusan Pemasaran SMK Manbaul Ulum bertempat di Ruang Aula dan Laboratorium Jurusan Pemasaran SMK Manbaul Ulum. Pembekalan siswa sebelum melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) sangat diperlukan oleh siswa dan Jurusan Pemasaran Khususnya kelas 11, pembekalan tersebut berupa gambaran keadaan secara langsung di industri/Perusahaan yang nantinya mereka tempati. Pemberian motivasi dan gambaran disampaikan oleh Waka Hubin, Waka Kurikulum serta Kepala Sekolah SMK Manbaul Ulum. Gambaran yang disampaikan berupa kedisiplinan, sikap, etos kerja menjaga etika, serta keharusan untuk siswa praktikan mematuhi segala bentuk peraturan yang berlaku di industri/Perusahaan dimana mereka tempati untuk melaksanakan prakerin/PKL sebagai bekal ...

PENTINGNYA MENGENAL PENATAAN PRODUK (DISPLAY)

Gambar
  Begitu memasuki supermarket, disadari atau tidak, kita kayak udah disihir sama apa yang ada di sana. Di muka depan, misalnya, kita akan menemukan tumpukan roti dan bagian buah. Lalu di dekatnya ada kulkas yang berisi minuman dingin. Di lorong-lorong tengah, ada bagian snacks yang jadi lorong kesukaan kita. Tanpa sadar, kita jadi hafal sama posisi benda-benda yang ada di sana. Mereka semua disusun dengan rapi dan memudahkan kita untuk mencari barang yang kita mau. Dari uraian diatas, maka kita simpulkan bahwa seberapa pentingkah kita mengenal penataan produk tersebut. Apa Itu Penataan Produk ? Penataan produk sering dikatakan       1. Display 2 . Visual Merchandising 3 . Merchandise Presentation “Penataan produk (display) adalah penataan barang dagangan ditempat tertentu dengan tujuan menarik mint konsumen, memudahkan konsumen untuk melihat dan memilih barang, yang pada akhirnya membeli produk atau barang yang ditawarkan”. Lalu, apa tujuan dari penataan ...

Manfaat Digital Branding

  Perusahaan tanpa merek seperti orang tanpa kepribadian, sulit untuk dikenali. Orang cenderung menghindari interaksi dengan orang dan perusahaan yang tidak jelas. Tetapi jika perusahaan mengenalkan diri dan menampilkan citra yang ramah dan berguna untuk orang lain, orang akan lebih percaya pada merek tersebut dan melanjutkan hubungan yang panjang. Faktanya, 81% konsumen mengatakan bahwa kepercayaan adalah faktor utama dalam keputusan pembelian mereka. Selain mendapatkan kepercayaan konsumen, mengembangkan rencana pembangunan merek, efektif dapat: §    Meningkatkan nilai perusahaan §    Peningkatan penjualan §    Pasif promotor merk oleh Pelanggan yang puas §    Tingkatkan kualitas merek yang dirasakan §    Meningkatkan kepercayaan pada mitra bisnis dan Karyawan §    Pencitraan merek digital berpusat pada pembangunan hubungan dan membutuhkan strategi yang tepat untuk memaksimalkan potensi manfaat ini. ...

Ruang Lingkup Pemasaran

Gambar
Pemasaran dibutuhkan tiap Perusahaan untuk mempromosikan barang atau jasanya. Pemasaran bisa dilakukan berbagai cara, mulai dari pemasangan iklan hingga pemasaran dari mulut ke mulut. Dulunya pemasaran hanya dipakai dibidang bisnis saja, namun kini sudah banyak bidang yang membutuhkan konsep pemasaran. Contohnya instansi Pendidikan, Organisasi kemasyarakatan, dan lain sebagainya. Ruang lingkup pemasaran lebih kearah pembahasan cara kerjanya, produk yang akan di pasarkan serta siapa yang akan melakukannya. Adapun ruang lingkup pemasaran secara spesifik diantaranya : 1.      Organisasi Pemasaran dipakai untuk meningkatkan citra Perusahaan di mata [ublic. Organisasi bertugas untuk merancang kegiatan Perusahaan agar berjalan dengan baik 2.     Pasar Pasar bisa diartikan sebagai target utama pemasaran produk atau tempat penjualan dilakukan.misalnya pangsa pasar produk makan korea lebih di tujukan ke penyuka korea. 3.     Produk ...

Mengapa Digital Branding itu Penting? Simak Penjelasannya

Gambar
 Secara umum definisi Digital Branding merupakan sebuah pendekatan dengan memanfaatkan Platform Digital dan internet untuk membangun atau mengelola identitas Merek dan membuat komunikasi Merek dengan audiens. Meskipun dampak dari penerapan branding digital mampu menghasilkan penjualan produk sangat bermanfaat bagi pelaku usaha, namun ini bukanlah tujuan utama branding digital. Digital Branding dan Pemasaran Digital (Internet Marketing) secara tidak langsung terlihat sama, tetapi sebenarnya branding digital dan digital marketing memiliki tujuan utama yang berbeda. Pertanyaan umum yang sering kita temui mengenai digital branding adalah mengapa digital  branding itu penting? Ini penjelasannya. Digital branding adalah proses penting dalam membangun identitas dan kredibilitas suatu merek di dunia digital. Berikut adalah beberapa alasan mengapa digital branding sangat diperlukan. Pertama, dengan adanya digital branding dapat membantu menciptakan hubungan dengan pelanggan yang mun...

UNSUR-UNSUR IKLAN TELEVIS

Gambar
Iklan televisi secara sederhana terdiri dari dua unsur atau elemen, diantaranya: Audio Audio merupakan unsur atau elemen dalam iklan yang berbentuk suara dari narasi atau pesan iklan. Unsur audio ini berbentuk music dan suara lainnya. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam audio yakni: Suara Yakni suara narator yang menyampaikan informasi mengenai produk. Musik Yakni iklan di televisi dapat berbentuk seperti backsound atau musik pengiring suara dari narator. Jingle Yakni unsur audio berisi kalimat atau lagu yang menarik, terkadang memuat informasi tentang produk yang ada pada iklan. Sound Effect Unsur ini digunakan sebagai pendukung dalam iklan yang tampil di televisi. Visual Unsur ini adalah unsur berbentuk sebuah gambar yang bergerak dan memiliki arti tertentu. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam visual yakni:  Warna Warna menggambarkan citra dari suatu produk tersebut dan memiliki arti psikologis dalam pemasaran. Sumber: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/d/d9/...

Pengertian dan Fungsi Pembuatan Logo dalam Digital Branding

 Seiring dengan perkembangan dunia periklanan, peran logo menjadi amat penting terutama dalam pembuatan strategi branding sebuah produk. Fungsi identitas inilah yang merupakan tujuan utama dari sebuah logo. Dengan hanya melihat logo seseorang akan ingat, tertarik, lalu membeli. Dari fungsi ini, logo kemudian menjadi sebuah ukuran citra, baik citra sebuah produk, Perusahaan, Lembaga maupun organisasi. Logo merupakan ‘tanda’ atau ‘simbol’ dari etintas (Perusahaan/organisasi/Lembaga tertentu) yang ‘mewakili, keseluruhan entitas tersebut dalam bentuk visual, Dimana logo tersebut akan menyampaikan pesan komunikatifnya kepada masyarakat khalayak (target audience) yang dibidiknya. Logo tidak bertujuan untuk menjual, dia hanya mewakili identitas dari suatu etintas tertentu, namun logo merupakan titik awal pengenalan identitas dalam rangka menawarkan produk/jasa sebuah , Perusahaan, Lembaga maupun organisasi. Jika di ibaratkan dengan seseorang, logo itu adalah wajahnya. Kita bisa mengenali...